A. Sejarah Manajemen
B.
Definisi
Manajemen
Pada perkembangan peradaban manusia,
ilmu terbagi dalam tiga kelompok besar, yaitu:
1. Ilmu
yang mempelajari setia /seluruh gejala, bentuk dan eksistensinya yang erat hubungannya
dengan alam beserta isinya dan secara universal mempunyai sifat yang pasti dan
sarna serta tidak dipisahkan oleh ruang dan waktu, disebut ilmu eksakta, contoh
: fisika, kimia dan biologi.
2. Ilmu
yang mempelajari seluruh gejala rnanusia dan eksistensinya dalam hubungannya
pada setiap aspek kehidupan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dinamakan
ilmu sosial/non eksakta, misalnya : ekonomi, politik, psikologi, sosiologi, hukum,
administrasi dan lain-lain.
3. Ilmu
humaniora, kumpulan pengetahuan yang erat hubungannya dengan seni, misalnya :
seni tari, seni lukis, seni sastra, dan seni suara.
IImu manajemen merupakan salah satu
disiplin ilmu sosial. Pada tahun 1886 Frederick W. Taylor melakukan suatu
percobaan time and motion study dengan teorinya ban berjalan. Dari sini
lahirlah konsep teori efisiensi dan efektivitas. Kemudian Taylor menulis buku
berjudul The Principle of Scientific Management (1911) yang merupakan awal dari
lahirnya manajemen sebagai ilmu. Di samping itu ilmu manajemen sebagai ilmu
penegtahuan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Adanya
kelompok manusia, yaitu kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih.
2. Adanya
kerjasama dari kelompok terse but.
3. Adanya
kegiatan Iproses/usaha
4. Adanya
tujuan Selanjutnya ilmu manajemen merupakan kumpulan disiplin ilmu sosial yang
mempelajari dan melihat manajemen sebagai fenomena dari masyarakat modem.
Dimana fenomena masyarakat modem itu
merupakan gejala sosial yang membawa perubahan terhadap organisasi. Ada
beberapa adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan suatu
organisasi, yaitu :
1. Tekanan
pemilik perusahaan
2. Kemajuan
teknologi
3. Saingan
baru
4. Tuntutan
masyarakat
5. Kebijaksanaan
pemerintah
6. Pengaruh
dunia Internasional
Dalam
suatu organisasi diperlukan manajemen untuk mengatur proses penyelenggaraan
organisasi hingga tercapainya tujuan dari organisasi tersebut. Pada instansi
pemerintah khususnya menyangkut soal pelayanan publik, diperlukan manajemen
yang efektif dan efisien dalam proses penyelenggaraan pelayanan agar tercapainya
tujuan dari pelayanan itu sendiri yakni kepuasan masyarakat.
Kata
manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni
melaksanakan dan mengatur. Selain itu juga, manajemen berasal dari bahasa
inggris yaitu management berasal dari kata manage menurut kamus oxford yang
artinya memimpin atau membuat keputusan di dalam suatu organisasi. Istilah
manajemen yang diterjemahkan dari kata manage memang biasanya dikaitkan dengan
suatu tindakan yang mengatur sekelompok orang di dalam organisasi atau lembaga
tertentu demi mencapai tujuan-tujuan tertentu.
Menurut
Manulang (Atik & Ratminto, 2012: 1) mendefinisikan manajemen 12 sebagai
suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, penyusunan dan
pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan terlebih dahulu. G.R Terry (Hasibuan, 2009 : 2) mendefinisikan
manajemen sebagai suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan
perencanaan, pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta
mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya
manusia dan sumbersumber lainnya. Sedangkan menurut Stoner dan Freeman
(Safroni, 2012: 44) manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses penggunaan
semua sumber daya organisasi untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.
Berdasarkan
pengertian-pengertian manajemen yang telah dijelaskan diatas, maka dalam
penelitian ini dapat dipahami bahwa manajemen merupakan suatu rangkaian
kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian
serta pengawasan dengan memanfaatkan sumber daya manusia serta sumber-sumber
daya lainnya untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang telah ditentukan.
Manajemen secara etimoligis yaitu
menegement yang artinya seni mengatur dan melaksanakan. Kata manajemen sering
digunakan dalam sehari-hari kita dan sangat membantu dalam mengerjakan sesuatu.
Tentunya peran manajemen sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari yang
diperuntukkan untuk mengatur segala pekerjaan, manajemen ini berfungsi agar
segala pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik secara tersistematis. Hal
inilah yang membuat para ahli memberikan pengertian manajemen. Beberapa pengertian manajemen menurut
para ahli, berikut informasi tentang pengertian manajemen menurut
para ahli atau pakar:
C.
Pengertian
Manajemen Menurut Para Ahli
1.
Menurut Drs. Oey Liang Lee mengartikan manajemen adalah
ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan
dari manusia untuk menentukan capaian tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan.
2.
Pengertian manajemen menurut James A.F. Stoner adalah
proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan terhadap sumberdaya
organisasi lainnya supaya tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang
ditetapkan.
3.
Pengertian manajemen menurut R. Terry adalah suatu
proses khas terdiri tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengontrolan yang dilakukan dalam menentukan serta mencapai
target yang sudah ditetapkan lewat pemanfaatan sumberdaya manusia dan lainnya.
4.
Pengertian manajemen menurut Lawrence A. Appley adalah
suatu seni untuk mencapai tujuan tertentu lewat usaha yang dilakukan oleh orang
lain
5.
Pengertian manajemen menurut Horold Koont dan Cyril
O’Donnel adalah suatu usaha untuk mencapai tujuan lewat kegiatan orang lain.
6.
Pengertian manajemen menurut stoner adalah suatu proses
dalam membuat perencanaan, ppengorganisasian, mengendalikan dan memimpin segala
macam usaha daripada anggota organisasi dan menggunakan segala sumber daya
organisasi dalam mencapai sasaran.
7.
Pengertian manajemen menurut Wilson Bangun adalah suatu
rangkaian aktivitas yang dikerjakan oleh para anggota organisasi agar tujuan
dapat tercapai dengan rangkaian yang teratur dan tersusun baik.
Tentunya dari beberapa pengertian manajemen menurut
para ahli diatas memiliki kesamaan makna walaupun disampaikan dalam bentuk dan
tolak ukur yang berbeda. Adapun pengertian manajemen yang sering digunakan oleh
orang yaitu pengertian manajemen menurut Ricky W. Griffin, dimana beliau
mengartikan manajemen adalah sebagai proses perencanaan,pengorganisasian,pengoordinasian
dan pengendalian atau kontrol sumber daya dalam mencapai sasaran dengan efisien
dan efektif.
http://informasiana.com/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli/
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1259/1/manajemen-ritha4.pdf
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/1259/1/manajemen-ritha4.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar