a) E-mail
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah,
email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui
sistem komunikasi elektronik berupa internet. Daripengertian email tersebut, jelas bahwa email mulai
dari ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat
elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet,seperti layaknya surat biasa email dapat
ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena
didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat tanpa
harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak
dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama. Agar email bisa bekerja dibutuhkan
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet.
Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
Email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah,
email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui
sistem komunikasi elektronik berupa internet. Daripengertian email tersebut, jelas bahwa email mulai
dari ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat
elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet,seperti layaknya surat biasa email dapat
ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena
didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan cepat tanpa
harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak
dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama. Agar email bisa bekerja dibutuhkan
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet.
Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
- Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang
dikenal dengan email client.
- Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh
MTA (Mail Transfer Agent) atau
disebut pula dengan mail server.
Email juga membutuhkan alamat agar pesan bisa sampai
ke tujuan. Contoh alamat email misalnya zakapedia@gmail.com. Alamat email
tersebut terdiri dari dua komponen yakni identitas dan domain atau provider.
Komponen identitas direpresentasikan oleh zakapedia, sedangkan komponen domain
atau provider direpresentasikan oleh gmail.com. Keberadaan email memberikan
terobosan baru dalam sistem komunikasi memiliki keunggulan sekaligus kelemahan.
Untuk bisa mengirimkan dan menerima email, Anda harus
memiliki sebuah account email terlebih dahulu. Account email ini nantinya
sekaligus mencakup alamat emal yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan pesan
kepada orang lain secara elektronis. Sebelum Anda membuat account email, perlu
Anda ketahui bahwa terdapat banyak provider yang menyediakan layanan email
seperti Yahoo, Gmail, Hotmail (Windows
Live), dan lain sebagainya.
b) Search Engine
Mesin pencari atau Search engine adalah program
komputer yang
dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam
layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.
Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang
tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang
seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas
suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target
pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web,
gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga
diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web.
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan
algoritma kepemilikan dan basis data tertutup,
di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!).
Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber
terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
Adapun manfaat dari
search engine seperti berikut:
·
mesin pencari merupakan tempat
kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90%
pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di
internet. dan di antara mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari
yang paling banyak digunakan.
·
Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak
pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
·
Sebagian besar (hampir 70%) pengguna
mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian,
hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh
posisi strategis dalam dunia internet.
·
Di negara-negara maju, porsi penjualan
yang dilakukan melalui internet sudah
hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
·
Sebuah informasi yang mudah di akses
oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
·
Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi
di internet.
c) Browser
Web browser adalah tool atau alat untuk membuka
halaman web di WWW. Browser pertama di dunia yang banyak digunakan orang adalah
Mosaic. Pada tahun 1994, Mosaic mulai ditinggalkan orang dan digantikan dengan Netscape Navigator. Hingga kemudian mulai digeser oleh Internet
Explorerhingga sekarang. Selain
internet Explorer, ada lagi web browser yang semakin hari semakin terkenal,
yaitu Mozilla
Firefox yang merupakan pengembangan dari
Netscape Navigator.Jenis-jenis Web browser lainnya seperti Safari, Opera, dan
Google Crome. Web browser memungkinkan user untuk melihat dan berinteraksi
dengan halaman web dengan cara mengklik link, baik berupa teks maupun gambar.
Web browser membuat user dapat mengakses informasi dengan cepat dan pergi ke
halaman web lain dengan mengklik link-link yang ada.
Ada banyak browser yang bisa digunakan
saat ini. Misalnya, yang paling sering kita gunakan adalah Mozilla Firefox
karena memiliki fitur yang lengkap dan lebih aman. Web browser jenis
ini juga telah menyediakan paket firefox dalam bahasa Indonesia sehingga
mempermudah user ketika melakukan aktivitas browsing meskipun kurang memahami
bahasa Inggris. Berikut ini penjelasan singkat cara menggunakan Web Browser:
- Aktifkan browser yang Anda pakai
- Isikan alamat URL dari halaman web yang akan di
akses di kota Address bar atau dalam bahasa Indonesia dinamakan bilah
alamat, misalnnya www.pengertianahli.com.
- Tekan tombol Enter. Maka, halaman web yang mengacu
ke URL tersebut akan dibuka.
- Di bagian Titlebar browser muncul judul
halaman, sementara di bagian area kerjanya muncul halaman web yang
bersangkutan.
a) Chatting
Chatting adalah fasilitas internet yang memungkinkan
pengguna dapat melakukan pembicaraan langsung dengan pengguna lainnya dengan
menggunakan keyboard. Syarat utama dalam melakukan chatting adalah lawan yang
akan diajak bicara harus dalam keadaan online pada chatting internet. Fasiltas
chatting juga memungkinkan pengguna untuk berkenalan dan melakukan pembicaraan
langsung dengan pengguna lain di seluruh dunia yang sedang terhubung dan aktif
dengan chatting internet.
Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet.
Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas,
diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang
sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang
terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette in adalah
hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita
memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan
yang ada pada Nettiquete ini adalah:
1. Amankan dulu diri
anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari
mengamankan komputer anda, dengan
memasang anti virus atau personalfirewall
3. dan yang paling
utama adalah, hargai pengguna
lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a.
jangan
biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.
jangan
berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan
melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c.
jangan
berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang
sebenarnya terbatas.
d.
jangan
menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan
teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e.
jangan
flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun
junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
4. Pertama:
Ingatlah bahwa kita berinteraksi dengan manusia. Jangan lupa bahwa orang yang
membaca email atau posting kita benar-benar manusia yang memiliki perasaan.
Sehingga:
Jangan berteriak – gunakan huruf kapital dengan bijaksana. Tidak baik melukai perasaan orang lain,
Jangan menggunakan kata-kata yang bersifat sarkasme,
Jangan pernah mengirimkan email atau posting tentang hal-hal yang tidak akan pernah Anda ucapkan secara langsung kepada si pembaca.
Kedua: Standar perilaku di dunia
nyata berlaku pula di dunia maya. Konsekuensinya:
Jaga keetisan,
Melawan hukum adalah netiket yang buruk.
Ketiga:
Ketahuilah di mana Anda berada di dunia maya. Maka:
Netiket bervariasi dari satu domain ke domain lainnya,
Tunggulah sambil mengamati (dengan membaca posting-posting sebelumnya) domain yang akan Anda masuki sebelum Anda berinteraksi di dalamnya.
Keempat:
Hargailah waktu dan bandwidth orang lain. Konsekuensinya:
Tidak mengapa jika Anda menganggap apa yang sedang Anda kerjakan saat ini merupakan hal yang terpenting di jagad raya. Namun, jangan berharap bahwa orang lain akan berpikiran sama,
Kirim pesan (posting) pada grup diskusi yang sesuai. Tetaplah pada topik diskusi, jika pesan Anda tidak sesuai dengan topik yang ada, jangan kirimkan pesan tersebut,
Usahakan untuk tidak menanyakan hal bodoh pada grup,
Baca dahulu FAQ (Frequently Asked Questions) sebelum mulai bertanya.
Gunakan email japri (jalur pribadi) untuk hal yang bersifat personal daripada mengirimkannya kepada grup,
Jangan membuang waktu pembaca yang sudah mahir dengan mengirimkan informasi yang mendasar.
Kelima: Jangan membuat bingung
pembaca. Caranya:
Buat email seperti kartu pos. Jaga supaya pesan Anda singkat saja.
Jangan terlalu berlebihan dalam mengutip. Dalam membalas pesan kutiplah hanya hal yang penting untuk dibalas.
Tulis dan ejalah dengan benar. Tulis seperti Anda menulis sebuah surat.
Jaga supaya signature paling banyak empat baris saja,
Cek ulang di Web jika Anda mendapat email tentang virus. Jika Anda tidak pasti tentang hal tersebut, jangan meneruskan email tadi ke orang lain.
Jangan mengirim spam.
c) Komunitas Online
Komunitas Online adalah kumpulan pengguna internet yang membentuk
satu wadah karena memiliki persamaan tujuan, hobby, aktivitas, atau lainnya.
Anda dapat membangun komunitas online dengan membuat group ataupun mailing list
(millist) kemudian mengajak teman, saudara, atau siapa saja untuk bergabung
dalam komunitas online yang anda buat. Namun anda dapat lebih mudah jika
langsung bergabung dengan komunitas online yang telah ada.
Dengan adanya komunitas online maka anda dapat memasarkan produk
bisnis yang dimiliki ke anggota komunitas online lainnya, tentu saja
pengiklanan ini harus satu arah dengan tujuan komunitas online tersebut
dibentuk jangan sampai nanti anda dikeluarkan oleh pemilik groups karena
kesalahan anda tersebut.
Komunitas Online- Peranannya Dalam Masyarakat
Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi(TIK) di Indonesia
mengalami perkembangan yang luar biasa seiring kemajuan pesat teknologi itu
sendiri. Pengguna sosial media seperti Facebook,Twitter,Blog,You
Tube,Koprol,Kaskus,MIG33 meningkat tajam di Indonesia. Data dari PB+ 2010
menyebutkan bahwa pengguna Blog di Indonesia hampir mencapai 2 juta
orang,sedang pengguna Facebook di Indonesia mencapai 25 juta orang per Juli
2010,bahkan pengguna Twitter di Indonesia berada diperingkat 6 dunia (2,41%
dari total pengguna twitter dunia). Ini membuktikan bahwa orang Indonesia
sangat gemar untuk berinteraksi dan berteman. Dari interaksi-interaksi yang
intens antar sesama pengguna sosial media,terciptalah beragam komunitas online.
Berbicara tentang komunitas,ada baiknya kita mengetahui dulu apa arti dari
komunitas itu. Komunitas adalah kumpulan orang yang saling berinteraksi
diantara anggotanya berdasarkan adanya kesamaan. Komunitas terbentuk bisa
karena kesamaan asal daerah dari anggotanya(misal: Paguyuban Madura,Komunitas
Lampung,Komunitas Anak Medan), kesamaan nama(misal: Komunitas Asep), kesamaan
hobby(misal: Komunitas Mancing Mania,Komunitas Parkour), kesamaan
profesi(misal: Lawyer Club, Ikatan Akuntan Indonesia), kesamaan menggunakan
produk tertentu(misal : Komunitas Yamaha Club,Komunitas Honda Tiger), kesamaan
ngefans klub olahraga(misal : komunitas MU Mania,Jak Mania), kesamaan
menggunakan platform online tertentu(misal: Komunitas
Blogger,Tweeps,Facebooker). Sebuah komunitas harus melakukan kegiatan rutin
yang menandakan bahwa komunitas itu eksis. Dengan kata lain sebuah komunitas
tanpa kegiatan menandakan komunitas itu mati. Beberapa contoh kegiatan rutin
komunitas:Komunitas Parkour Jakarta rutin melakukan latihan fisik di Senayan
setiap weekend, Komunitas Sepeda Onthel rutin ngumpul dan bersepeda ria saat
Car Free day, Komunitas B-H-I rutin nongkrong bareng Jumat malam di seputar
Bunderan HI. Tentunya orang-orang yang bergabung dalam sebuah komunitas
melakukan satu kegiatan bersama dalam suasana bersahabat dan menyenangkan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar